go

Monday, March 17, 2014

Pengenalan tentang Partikel Model Standar


Model Standar dari fisika partikel adalah sebuah teori yang menggambarkan gaya fundamental elktromagnetisme, gaya kuat, gaya lemah dan gravitasi. Salah satu penemuan yang paling menakjubkan selama abad ke-20 adalah berapa banyak partikel dasar yang ada di alam semesta. Meskipun dengan konsep fundamental, partikel tak bisa dibagi lagi orang Yunani kuno (konsep yang dikenal sebagai atomisme), itu tidak benar-benar sampai tahun 1900-an bahwa fisikawan mulai mengeksplorasi apa yang terjadi di dalam materi pada tingkat terkecil.

Pada kenyataannya, fisika kuantum memprediksi bahwa hanya ada 18 jenis partikel elementer (16 yang telah terdeteksi oleh eksperimen). Ini adalah tujuan dari fisika partikel elementer untuk terus mencari partikel yang tersisa.

Model Standar Fisika Partikel adalah inti fisika modern. Dalam model ini, tiga dari empat gaya dasar fisika dijelaskan, (Secara teknis, gravitasi tidak termasuk dalam Model Standar, meskipun fisikawan teoritis bekerja untuk memperluas model untuk menyertakan teori kuantum gravitasi.)



Kelompok Partikel 

Jika ada satu hal yang tampaknya dinikmati oleh fisika partikel, itu adalah membagi partikel berkelompok. disini ada berberapa kelompok partikel :

1. Partikel Elementer - Unsur terkecil dari materi dan energi, partikel-partikel ini tidak dibuat dari kombinasi dari partikel yang lebih kecil lagi, dibagi menjadi 2 :
      ·         Fermion adalah partikel yang memiliki spin setengah bilangan bulat 
           (-1/2,1/2,2/3,..)
-         Quark : Kelas dari fermion, quark adalah partikel yang membentuk Hadron seperti proton dan neutron, ada 6 jenis berbeda pada quark :
Up Quark
Charm Quark
Top Quark
Down Quark
Strange Quark
Bottom Quark

-         Leptons : kelas dari fermion dan memiliki 6 jenis yang berbeda juga
Electron
Electron Neutrino
Muon
Muon Neutrino
    Tau
    Tau Neutrino

  •      Boson - partikel yang memiliki spin bilangan bulat (0, 1, 2,..), partikel ini yang memediasi gaya fundamental fisika dibawah teori medan kuantum

-Foton 
-W Boson 
-Z Boson 
-gluon 
-Higgs Boson
-Graviton - prediksi teoritis sebagai bagian dari gravitasi kuantum, tetapi tidak benar-benar bagian dari Model Standar

2. Partikel komposit 

-         Hadron : Partikel terdiri dari beberapa quark yang terikat bersama-sama. 
-         Baryon (fermion) 
-         Nukleon : proton & neutron 
-         Hyperons : partikel berumur pendek terdiri dari quark strange 
-         Meson (boson) 
-         Inti Atom : proton dan neutron yang terbentuk bersama untuk menciptakan inti atom 
-         Atom : dasar blok bangunan materi kimia, atom terdiri dari elektron, proton, dan neutron. 
-         Molekul - Sebuah struktur yang kompleks terdiri dari beberapa atom terikat bersama. Studi tentang bagaimana ikatan atom untuk membentuk berbagai struktur molekul adalah dasar dari kimia modern




Catatan mengenai Klasifikasi Partikel

Akan sulit untuk menyimpan semua nama langsung dalam fisika partikel, jadi mungkin akan membantu untuk berpikir tentang dunia binatang, di mana penamaan terstruktur seperti itu mungkin lebih akrab dan intuitif. Manusia adalah primata, mamalia, dan juga vertebrata. Demikian pula, proton adalah baryon, hadron, dan juga fermion.

Satu-satunya cara untuk benar-benar menjaga kelompok-kelompok partikel yang berbeda terpisah adalah hanya hati-hati mempelajari mereka dan mencoba untuk berhati-hati tentang yang namanya sedang digunakan.

Quark & Lepton

Quark adalah partikel dasar yang berinteraksi melalui semua empat gaya fundamental fisika : gravitasi , elektromagnetisme , interaksi lemah , dan interaksi kuat . Quark selalu dalam kombinasi untuk membentuk partikel subatomik yang dikenal sebagai hadron . Hadron , hanya membuat sesuatu yang lebih rumit , dibagi menjadi meson (yang boson ) dan baryon (yang fermion ) . Proton & neutron adalah baryon . Dengan kata lain, mereka terdiri dari quark sedemikian rupa sehingga spin mereka adalah nilai setengah bilangan bulat.

Lepton , di sisi lain , merupakan partikel dasar yang tidak mengalami interaksi kuat . Ada tiga " rasa " dari lepton : elektron , muon , dan tau . Setiap rasa terdiri dari " doublet lemah  ", yang merupakan partikel tersebut bersama dengan partikel netral hampir tak bermassa yang disebut neutrino.


No comments:

Post a Comment