go

Sunday, March 16, 2014

Apa itu partikel virtual ?

Partikel virtual adalah partikel yang muncul dari ketiadaan (nothing) menjadi ada untuk waktu yang sangat terbatas. Konsep partikel virtual muncul dalam teori perturbasi teori medan kuantum di mana interaksi antara partikel normal dijelaskan dalam hal pertukaran partikel virtual. Setiap proses yang melibatkan partikel virtual mengakui representasi skematis dikenal sebagai diagram Feynman, di mana partikel virtual yang diwakili oleh garis internal. Partikel ini diprediksi oleh persamaan fisika kuantum dan prediksi ini dengan tegas dikonfirmasi dan konsisten dengan bukti fisik dan hasil eksperimen. 

Sebuah partikel virtual dapat dianggap sebagai manifestasi dari terowongan kuantum. Berbagai kekuatan yang dibawa oleh partikel virtual dibatasi oleh prinsip ketidakpastian, yang menganggap energi dan waktu sebagai variabel konjugat, dengan demikian, massa partikel virtual yang lebih besar memiliki lebih terbatas. Ada sejumlah cara partikel virtual muncul dalam fisika. Beberapa yang paling menonjol adalah Boson Gauge

Dalam fisika kuantum, hasil gaya (force) dari interaksi medan kuantum, juga dapat diwakili oleh partikel yang disebut boson. (Jenis tertentu dari boson disebut boson gauge, karena teori yang tepat yang menggambarkan mereka disebut teori gauge),Boson Gauge untuk empat gaya fundamental adalah: 

Foton - interaksi elektromagnetik antara partikel bermuatan di mana partikel-partikel foton diciptakan dengan umur yang pendek, dimana foton eksis berberapa waktu untuk bertukar informasi antara partikel bermuatan. 

Gluon - gluon adalah boson gauge yang memediasi gaya nuklir kuat. 

W Boson dan Z boson - Ada dua jenis boson gauge yang terlibat dalam mediasi gaya nuklir lemah. 

Graviton - graviton adalah partikel teoritik yang tergabung sebagai boson gauge yang berperan besar dalam perhitungan teori gravitasi kuantum. Graviton belum terdeteksi atau belum dikonfirmasi eksperimen.


Virtual Pasangan Partikel 

Salah satu konsep yang paling aneh dalam fisika kuantum adalah gagasan bahwa partikel dapat muncul dari ketiadaan. Ternyata daerah ruang kosong (tidak mengandung energi, dalam teori) dapat membawa ke dalam keberadaan sepasang partikel: partikel normal dan antimateri partikel terkait (atau anti-partikel). Karena energi yang berkaitan dengan penciptaan partikel dan energi yang terkait dengan penciptaan anti-partikel negatif, dua partikel bersama-sama mengandung energi bersih nol. Alam semesta pada dasarnya "memungkinkan" mereka 

Meskipun ini tampaknya luar biasa, tetapi telah diuji dan dikonfirmasikan melalui eksperimen untuk mendeteksi efek Casimir. Adanya semacam ini pasangan partikel maya memberikan dasar untuk salah satu klaim yang paling mengejutkan Stephen Hawking, bahwa lubang hitam benar-benar memancarkan bentuk radiasi (tepat disebut radiasi Hawking).

Baca lebih jelasnya disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_particle

No comments:

Post a Comment